Bahan Apa yang Bagus Untuk Kemasan Produk?

boxareus.com – Perlukah kita memperhatikan bahan untuk kemasan produk yang kita gunakan? Jawabannya, perlu! Karena setiap packaging mempunyai fungsinya masing-masing. Sayangnya, hal ini jarang diketahui oleh banyak orang, termasuk mereka yang tengah merintis usaha. Padahal, selain dapat meningkatkan nilai jual, dengan memilih bahan packaging yang tepat, barang yang kamu kemas juga akan lebih terjaga keamanannya. Lalu, kira-kira apa bahan yang bagus untuk kemasan produk? Coba cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

Source : Freepik

1. Bahan Corrugated

Source : BoxAreUs

Pertama, ada bahan kemasan yang dikenal dengan istilah corrugated atau bentuk bergelombang. Umumnya, packaging ini cocok untuk pengemasan baju, sepatu, atau kosmetik. Mengapa? Karena bahan ini bisa menahan beban yang berat, sehingga cocok untuk pengiriman ke luar kota. Bahannya juga dikenal awet, tidak mudah rusak, dan tergolong cukup kuat. Corrugated sendiri mempunyai banyak tipe, biasanya ada a flute, b flute, e flute, dan f flute. Yang membedakan satu sama lain adalah tinggi dan lebar dari box-nya sendiri. Kamu bisa menentukan ukuran yang tepat sesuai dengan keperluan produkmu.

2. Bahan Duplex

Sourcer : BoxAreUs

Jika kamu mencari opsi lain yang lebih terjangkau dengan kekuatan yang tidak kalah bagus dari corrugated, kamu bisa memilih packaging dengan bahan duplex. Duplex biasanya memiliki dua warna sisi yang berbeda, yaitu bagian dalam yang terasa lebih kasar dan berwarna abu-abu, serta bagian luar yang berwarna putih. Duplex juga termasuk salah satu bahan dari hasil daur ulang, lho. Bahan ini cocok untuk kemasan makanan seperti kue, cookies, atau makanan berat seperti nasi. 

3. Bahan Kraft 

Sources : BoxAreUs

Selanjutnya, ada kemasan produk yang berbahan kraft. Dari semua bahan packaging, kraft termasuk salah satu bahan dengan natural look, lho. Kraft sangat cocok untuk kamu yang suka dengan tema yang simpel, namun tetap rapi. Selain itu, bahan kraft juga eco-friendly atau ramah lingkungan karena materialnya yang mudah terurai. Bahan kemasan ini sangat cocok digunakan untuk produk makanan ringan, lunch box, atau cookies dengan jumlah yang sedang. 

4. Bahan Ivory

Source : BoxAreUs

Bagi beberapa brand tertentu yang ingin mempunyai packaging yang terlihat eksklusif dan elegan, bahan Ivory bisa menjadi pilihan terbaik. Karena tampilannya clean dengan warna broken white dan penambahan tekstur matte atau glossy yang dapat menambah kesan elegan brand. Pada bagian dalamnya, bisa ditambahkan efek laminasi anti minyak, sehingga bahan ini sangat cocok untuk packaging kue atau produk berminyak lainnya. 

5. Bahan Art Paper

Dengan warna pure white dan kedua sisi glossy, art paper sangat cocok digunakan sebagai kemasan hampers eksklusif karena memberikan kesan yang clean. Bahannya juga terkenal kokoh dan tersedia hingga ketebalan 400 gr, sehingga bisa dibentuk menjadi berbagai model. Tak hanya itu, bahan art paper juga lebih mudah untuk diaplikasikan logo atau gambar dengan hasil yang sangat bagus. Art paper adalah rekomendasi bahan kemasan untuk kamu yang ingin membuat custom box untuk brand kamu sendiri. 

Jadi, sudah tahu bahan mana yang paling bagus untuk kemasan produk yang akan kamu jual? Kamu bisa menemukan semua bahan packaging ini di BoxAreUs yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang percetakan. Kami menyediakan ratusan model dan ukuran kemasan siap pakai atau ready stock untuk awal mula bisnis kamu. Yang paling penting lagi, kamu tak perlu khawatir soal keamanan dan pengiriman karena Tim BoxAreUs siap membantu pelanggan dengan jaminan belanja aman dan nyaman.

Jika kamu ingin segera memilih model dan ukuran kemasan yang kamu mau, kamu bisa langsung cek ke halaman website https://www.boxareus.com/ untuk pemesanan atau dengan klik akun Instagramnya disini BoxAreUs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat